Lebih Higienis Yang Mana, Tempe Dengan Bungkus Plastik Atau Daun Pisang? Inilah Perbedaannya

Apakah Anda suka makan tempe? Menu tempe memang bikin ngiler dan selalu bikin kangen. Berbagai olahan tempe bisa kita buat mulai dari menu camilan seperti mendoan hingga untuk lauk makan bersama nasi seperti sambal tempe.


Sebagian penggemar tempe lebih suka memilih tempe bungkus daun karena punya aroma khas yang lebih harum. Namun untuk segi kesehatan, ternyata ada resiko tidak higeinis jika daun yang digunakan berasal dari tanaman pisang yang terjangkit hama.

Pada proses pembuatan tempe ada kandungan bakteri baik hasil fermentasi dan cukup sensitif terhadap cemaran bakteri lainnya sehingga tempe mudah busuk.

Sedangkan untuk tempe yang menggunakan plastik, biasanya datang dari produsen tempe yang lebih modern dan terjaga kebersihannya. Dari segi kesehatan, tempe plastik lebih higienis, sehingga tempe yang dibungkus plastik lebih aman dibanding yang dibungkus daun, seperti dilansir sajiansedap.grid.id (21/07/2018).

Tetapi kadang, orang tidak terlalu peduli dengan hal di atas, biasanya lebih memilih tempe daun karena merasa lebih nikmat rasanya. Padahal dari segi rasa, sebenarnya kurang lebih sama baik tempe yang dibungkus daun maupun yang dibungkus plastik.

Setelah menyimak penjelasan di atas, bagaimana menurut pendapat Anda? Tempe mana yang lebih sering Anda konsumsi? Apakah tempe bungkus daun pisang atau plastik? Yuk silakan sharing pendapat dan pengalaman di kolom komentar ya. Terima kasih.