Barang Siapa yang dalam Konsisi Kesedihan Atau Tekanan Hidup Seberat Apapun Jika dia Baca Doa Ini dan Fahami Isinya Insya Allah Akan Diganti Secara Cepat dengan Kebahagiaan

Banyak di antara kita yang saat ini mungkin sedang dirundung kesedihan, baik karena musibah yang melanda, ataupun karena berbagai macam masalah yang terjadi, baik dalam keluarga, di kantor, lingkungan masyarakat, dan lain sebagainya. 

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah mengajarkan kepada kita sebuah doa yang apabila dibaca ketika kita sedang sedih maka Allah akan menghilangkan kesedihan tersebut dan menggantikannya dengan kegembiraan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda dalam hadits berikut ini :

عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:"مَا قَالَ (هذا الدعاء) عَبْدٌ قَطُّ، إِذَا أَصَابَهُ هَمٌّ أَوْ حُزْنٌ ،...، إِلَّا أَذْهَبَ اللَّهُ هَمَّهُ وَأَبْدَلَهُ مَكَانَ حُزْنِهِ فَرَحًا" , قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ , يَنْبَغِي لَنَا أَنْ نَتَعَلَّمَ هَذِهِ الْكَلِمَاتِ؟، قَالَ: "أَجَلْ، يَنْبَغِي لِمَنْ سَمِعَهُنَّ أَنْ يَتَعَلَّمَهُنَّ".

Dari Ibnu Mas'ud, radiyallahu 'anhu dia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : Tidaklah seorang hambapun, jika dia sedang dilanda kegelisahan atau kesedihan, lalu mengucapkan (doa ini), melainkan Allah akan menghilangkan kegelisahannya, dan menggantikan kesedihannya dengan kegembiraan, Para sahabat bertanya : Wahai Rasulullah, apakah kami perlu mempelajari (menghafal) kalimat-kalimat (doa) ini? Beliau menjawab : Benar, seharusnya bagi yang pernah mendengar (doa ini) untuk mempelajari (menghafal)nya.

Lafazh doa tersebut adalah sbb :

اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ ابْنُ عَبْدِكَ ابْنُ أَمَتِكَ، نَاصِيَتِي بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي، وَنُورَ بَصَرِي، وَجِلَاءَ حُزْنِي، وَذَهَابَ هَمِّي.

Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hambamu, anak dari hamba lelakiMu, dan anak dari hamba wanitaMu, ubun-ubunku dalam genggamanMu, KeputusanMu adalah kepastian untukku, KetetapanMu adalah keadilan bagiku, aku memohon kepadaMu, dengan seluruh nama milikMu yang Engkau tetapkan bagi diriMu, yang Engkau turunkan dalam KitabMu, atau Engkau ajarkan kepada salah seorang di antara makhlukMu, atau Engkau simpan dalam Ilmu Ghaib di sisiMu, Jadikanlah al-Qur’an sebagai pencerah hatiku, dan cahaya pandanganku, dan penghapus kesedihanku, dan pengusir kegelisahanku. [HR. Ibnu Hibban]

Mari kita amalkan doa tersebut, untuk mengusir kesedihan dan kegelisahan kita, semoga Allah menggantikan kesedihan dan kegelisahan kaum muslimin, khususnya mereka yang sedang menghadapi masalah ataupun sedang terzhalimi, Semoga Allah gantikan menjadi ketenangan dan kegembiraan.. Allahumma aamiin ya Rabb…

oleh: Ustadz Askar Wardhana, Lc  حَفِظَهُ اللهُ تَعَالَى